11 Manfaat yang Bisa Didapat dari Secangkir Kopi Hitam

Kopi menjadi satu jenis minuman yang banyak digemari oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia. Minuman yang berasal dari biji tumbuhan ini bisa disajikan dalam versi dingin maupun panas, bisa dicampur dengan berbagai bahan lain seperti susu dan gula, bisa juga disajikan begitu saja hanya perlu diseduh. Kopi ini banyak disebut sebagai black coffee, atau kopi yang disajikan tanpa gula.

Meski banyak pilihan menu kopi yang disajikan dengan beragam bahan sehingga terlihat menarik dan menggiurkan, kopi hitam ternyata patut untuk dipertimbangkan. Mengapa? Ya, itu karena manfaat yang disimpan olehnya.

11 manfaat itu adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan daya ingat Hal ini disampaikan oleh para peneliti, disebutkan mereka yang meminum kopi tanpa gula setiap harinya memiliki memori yang lebih baik. Salah satunya dalam studi melalui permainan yang melibatkan ingatan, peminum kopi hitam muncul sebagai pemenangnya dengan hasil ingatan yang lebih baik.

2. Mencerdaskan Kopi bebas gula bisa memblokir neurotransmitter yang disebut “adenosine”. Ketika kafein adenosine ini, pengaktifan saraf otak akan meningkat sehingga membantu melepaskan neurotransmiter yang bermanfaat. Pada intinya, kafein meningkatkan fungsi otak.

3. Mengandung antioksidan yang bermanfaat Kopi diketahui sebagai salah satu sumber antioksidan terbesar. Antioksidan ini disebut sebagai quinines. Mereka dapat membantu seseorang dalam menangani bebagai masalah kesehatan. Antioksidan lain yang ada di kopi adalah hydrocinnamic acid dan polyphenols. Mereka bisa melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

4. Meningkatkan fokus dan kewaspadaan
Kopi hitam mengaktifkan neurotransmitters yang ada di dalam otak, karena kafein menstimulasi jantung dan metabolisme tubuh peminumnya. Dengan ini, fokus otak akan semakin meningkat yang otomatis akan meningkatkan kewaspadaan Anda.

Kopi hitam mengaktifkan neurotransmitters yang ada di dalam otak, karena kafein menstimulasi jantung dan metabolisme tubuh peminumnya. Dengan ini, fokus otak akan semakin meningkat yang otomatis akan meningkatkan kewaspadaan Anda.

5. Mengandung vitamin dan mineral Vitamin yang terkandung dalam kopi hitam misalnya B2, B3, dan B5. Ada juga mangan, potasium, dan magnesium. Semuanya penting untuk memfungsikan organ tubuh secara optimal. Misalnya vitamin B2 dalam memproduksi energi, nutrisi seperti potasium dan magnesium juga berperan untuk mengontrol tekanan darah.

6. Membersihkan perut Minum kopi tanpa gula dapat menghilangkan bakteri dan toksin dari dalam perut. Bakteri dan toksin ini akan dikeluarkan lewat urin ketika seseorang buang air kecil. Kopi hitam juga membantu menghentikan pertumbuhan parasit jahat yang bisa menimbulkan masalah kesehatan perut.

7. Membantu menurunkan berat badan Kopi hitam bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga baik untuk dikonsumsi sebelum atau setelah berolahraga. Kopi yang disajikan dengan carar ini juga bisa membantu membakar lemak sehingga membantu menurunkan berat badan.

8. Menjaga organ hati Kopi hitam dapat membantu menurunkan risiko tekena cirrosis hingga 80 persen. Cirrosis merupakan istilah untuk menyebut kerusakan hati kronis. Baca juga: Ramai soal Unggahan Hati Hewan Kurban yang Berlubang Diduga Sarang Cacing, Ini Penjelasannya.

9. Meminimalisir risiko penyakit jantung

Seperti disebutkan sebelumnya, kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme seseorang. Hal ini dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak dan kolesterol yang menyebabkan arteri tersumbat. Pasalnya, jika sampai arteri tersumbat dapat memicu serangan jantung. Kopi hitam juga mengurangi peradangan dalam tubuh yang menjadi penyebab lain dari kardiovaskular.

10. Mengurangi risiko diabetes Meminum kopi hitam dapat meminimalisir risiko seseorang terkena diabetes tipe 2. Fakta ini ditunjukkan dalam sebuah studi dari Harvard, bahwa peminum kopi memiliki peluang 11 persen lebih renddah dari mengalami diabetes tipe 2. Itu berlaku bagi orang yang mengonsumsi kopi hitam lebih dari 1 cangkir dalam seharinya.

11. Membantu mencegah kanker Dengan meminum 2 cangkir kopi hitam setiap harinya dapat mencegah terjadinya kanker, karena kopi memiliki kandungan anti-kanker yang akan meminimalisasi risiko tumbuhnya sel-sel penyakit mematikan ini. Sementara itu, artikel dalam laman heart.org juga membenarkan manfaat yang dihadirkan oleh segelas kopi hitam. Kopi hitam bisa benar-benar membuat konsumennya melek, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi risiko sejumlah penyakit.

Tidak hanya itu, kopi hitam dapat memberikan energi, menurunkan berat badan, dan meningkatkan fokus. Kandungan kafein yang ada dalam kopi dapat meningkatkan suasana hati, membantu otak bekerja lebh baik, dan meningkatkan stamina selama melakukan olahraga. Kopi adalah bahan yang menjadi sumber antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan.

Sebaliknya, jika secangkir kopi terlalu banyak dicampuri dengan bahan lainnya, seperti krimer dan gula, itu dapat menghilangkan manfaat yang bisa didapatkan. “Kami tahu gula memiliki efek samping. Bahkan jika Anda menambahkan gula sesuai dengan kebutuhan kalori Anda, Anda masih menghilangkan beberapa manfaat dari kopi, karena gula adalah bahan makanan yang negatif,” kata Penny Kris-Etherton, profesor nutrisi di Penn State University.

CategoriesTak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.